Minggu, 23 Juni 2013

Sayonara, XI IPA 4! :'D

Assalamu'alaikum wr.wb.
Alhamdulillah Sabtu kemarin, 22 Juni 2013, SMAN 2 Tangsel udah bagi rapot nih, dan alhamdulillah juga, nilai saya ada peningkatan, yeaaay :D Waktunya naik ke kelas 12 nih, jadi agak sedih juga cepet banget udah naik ke kelas terakhir di SMA :') Terus kelas 12 ini bakal diacak, jadi gak bareng sama IPA 4 lagi deh :')
Hmm... antara lega dan agak sedih sih pas denger berita kelas 12 nanti diacak. Memang awalnya saya berharap banget kelas XII nanti gak sama kayak kelas XI yang sekarang. Kenapa? Yaaa, gitu deh, semuanya juga pasti tau kok ada apa dengan IPA 4. Jujur dari awal masuk kelas IPA 4 saya udah gak nyaman, semester 1 saya lewati dengan ogah-ogahan di kelas itu. Gak tahan sama berisiknya yang luarbiasa, sampe IPA 3 dan IPA 5 jadi korban keganasan (?) IPA 4 yang menjadi tempat polusi suara itu.

Semester 1 yang diakhiri dengan classmeeting, sedikit membuka mata saya tentang IPA 4. Awalnya gara-gara nonton futsal, seneng banget waktu IPA 4 menang di putaran pertama. Terus juga pas tanding voli, yang siang-siang itu, sampe gak ada pendukung IPA 4 (soalnya anak-anaknya udah pada pulang), sementara pendukung lawan sangat bergerombol, saya inget waktu itu saya bareng Ayu nonton voli IPA 4. Ayu dengan suara kerasnya berteriak, "AYO IPA 4!!!", yang membuat saya ikut teriak untuk nyemangatin :'D abis itu akhirnya pada dateng anak-anak IPA 4 untuk neriakin. Terus yang agak deg-degan itu pas voli IPA 4 lawan IPA 5, waktu itu mainnya agak pake emosi -_- (anak IPA 4 yang mancing2 emosi lawan -__-" padahal kelas tetangga wkwk).

Gara-gara voli yang gak berpendukung IPA 4 itu, saya jadi pengen nonton semua pertandingan IPA 4 (abisnya kasian kalo gak punya pendukung -,-) Inget pas tarik tambang? Lawan pertama kita waktu itu IPA 5, dan kita kekurangan orang waktu itu :" akhirnya nyari-nyari anak IPA 4, dan akhirnya malah kelebihan -_- Waktu sebelum tarik tambangnya dimulai, salah seorang dari kita ada yang bilang, "tunggu mereka narik dulu baru kita tarik balik". Yang namanya tarik tambang yaa kan susah kalo lawannya udah narik terus mau kita tarik balik -_- akhirnya hanya dalam beberapa detik IPA 4 udah keseret arus tarikan IPA 5 :" mana sakit banget lagi waktu itu tangannya -,-

Classmeeting yang paling tak terlupakan, IPA 4 yang sampai di final futsal putra! :D Lawannya XII IPA 5 yang 'ganas' itu. Hari itu, saya sengaja dateng pagi buat nonton final futsal ini :D dan seperti biasa, di awal, IPA 4 gak punya pendukung -,- tapi akhir-akhirnya banyak kok anak IPA 4 yang dateng :D hehe. Sebelum bertanding waktu itu IPA 4 pada briefing dulu, "pokoknya mainnya harus hati-hati, jangan sampe ada yang cedera" (bayangkan betapa ganasnya lawan -u-). Dan gak tau kenapa, mungkin para pemain IPA 4 udah ngerti XII IPA 5 ini bener-bener lawan yang sulit banget, akhirnya salah seorang dari kita cuma bilang "gua tau ini susah, tapi mainnya santai aja, jangan serius. kalo kita serius lawan mereka nanti kita malah kecewa (kalo kalah, dan IPA 4 emang udah pesimis dari awal), kalo kita main santai kan pas kalah gak akan terlalu kecewa"

Dan siapa yang ngira, permainan mereka yang gak serius karena takut kecewa itu malah membawa IPA 4 ke juara 1 futsal putra!! Dan kalo kalian liat pertandingan itu, wuiih, seru banget deh!! Bener-bener diserang pake fisik, dan diakhiri dengan penalti karena skor nya waktu itu seimbang. Dan ternyata IPA 4 yang keluar sebagai pemenang!! Di saat itulah, saya mulai ngerasain seneng menjadi bagian dari IPA 4 :')

Hal lain yang mungkin bakal saya kangenin dari IPA 4, konser musik setiap ganti jam pelajaran. Komputer kelas itu kayaknya nyala 24 jam, pagi dipake main PES, pas pergantian pelajaran/jam kosong dipake nyetel lagu galau, pulangnya pada main PES lagi. Terus pernah pada main kuda tomprok, sampe kelas kita didatengin Pak Eko dan Bu Faiz, gara-gara jedak jeduk dari kelas kita kedengeran sampai piket, apalagi IPA 3. Malah saya pernah diceritain, seorang guru ngajar di IPA 3 dan pada waktu itu kebetulan (kebiasaan) IPA 4 lagi gedebak-gedebuk, guru itu bertanya ke anak-anak IPA 3, "ini berisik darimana sih? dari kelas atas?", IPA 3 menjawab, "iya bu, kita udah biasa denger suara berisik kayak gini" (sedih banget gak sih -_- wkwk)

Pernah abis upacara, kan pelajaran biologi, dan seperti biasa, banyak yang ke kantin karena haus abis upacara. Pas Pak Dede dateng, murid di kelas tuh cuma setengah. Akhirnya di 'halo-haloin' sama Pak Asep Daryanto, "kepada kelas XI IPA 4, yang belum masuk kelas, segera masuk kelas sekarang!" :') Dan perlu diketahui, setiap hari Jum'at jam pelajaran terakhir, IPA 4 akan berubah menjadi kelas aksel (yang isinya kurang dari 20 orang). Maksudnya ya karena pada kabur -_- wkwk.

Mungkin setelah pisah sama kelas XI IPA 4, saya gak akan melihat kejadian-kejadian langka lagi, seperti rusaknya meja karena ditendang, konser musik setiap hati, menjadi kelas 'aksel', dll. Mungkin setelah pisah, saya gak bisa sering-sering dapet ceramahan lagi dari Bu Enung, gak sering-sering dapet wasiat dari Bu Galuh, gak sering-sering ditagih tugas gara-gara telat.

Di akhir semester 2, kelas kita pindah ke bawah. Dan waktu itu pernah anak-anak cowok mainan ketapelan dari karet gelang. Sampe bikin kubu pamulang sama BSD, kejar-kejaran di luar, masuk lagi, keluar lagi, bahkan Baba sampe ngumpet di dalem lemari sapu (konyol banget XD), apalagi itu permainan yang cukup bahaya -_- Kalian sampe berencana nyulik anak IPA 6 buat diserang pake ketapel karet itu -___- Pokoknya pada waktu itu, karet gelang bagaikan harta karun bagi anak IPA 4 -_-"

Eh iya lupa satu hal, setelah pisah sama kalian, mungkin saya gak akan denger lagi kalimat "kalian ini nilai rata-ratanya paling kecil diantara IPA-IPA yang lain, makanya gak bisa kalo kelas 12 kalian terus sekelas begini". Walaupun saya mungkin udah mulai bisa terbiasa sama keadaan IPA 4, dan mulai bisa having fun di sana, tapi cuma kalimat itu yang bener-bener melekat di hati saya, bahwa IPA 4 gak bisa sekelas lagi, kalimat itu mempertahankan kemauan awal saya untuk pisah sama IPA 4. Bukannya gak suka sama IPA 4 atau gimana, saya udah bisa kok sayang sama IPA 4 :) tapi cuma kalimat dari salah seorang guru barusan, yang menyadarkan saya, pisah sama kalian adalah hal yang terbaik.

Sering banget denger anak-anak kelas lain gak mau pisah, sampe ngumpulin tandatangan orang2 yang gak mau dipisah kelasnya. Ketika kelas lain udah bikin acara perpisahan, dan mereka selalu berbicara tentang kesolidan kelas mereka, kebersamaan kelas mereka yang kuat, keinginan untuk terus sekelas, ketidakinginan untuk berpisah sama kelasnya, saya selalu ngerasa bersalah, karena saya adalah termasuk bagian dari kelas yang menyebabkan kelas XI ini harus diacak, sekaligus iri, karena saya juga mau ngerasain, rasanya jadi anak-anak kelas lain yang bisa jatuh cinta banget sama kelasnya :')

Makasih banyak IPA 4, yang udah sangat mengabstrakkan kehidupan kelas XI saya, yang udah sangat melika-likukan jalan hidup kelas XI saya, yang udah ngajarin saya banyak hal untuk tidak bersikap kekanakan lagi, makasih banyak temen-temen IPA 4 yang udah mau nerima saya apa adanya di kelas XI IPA 4 :') yang akhirnya menyadarkan saya, kalo kalian aja bisa menerima saya apa adanya, kenapa saya nggak menerima IPA 4 apa adanya? :')

Dibalik setiap masalah pasti ada sebuah hikmah, dan itu yang saya dapet sekarang setelah 1 tahun bersama XI IPA 4. Semoga kita semua lebih sukses dan jadi yang tersukses di kelas 12 nanti :)) aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar