Sabtu, 29 Maret 2014

Untaian Do'a Al-Ma'tsurat

Assalamu'alaikum kawan :)
Lagi mencuri kesempatan dalam kesempitan nih (?). Akhir-akhir ini jadi jarang nge-post dikarenakan Ujian Nasional tinggal menghitung hari lagi :| Tapi lelah dan jenuh juga kalau setiap hari cuma diisi dengan belajar dan belajar tanpa henti (walaupun sebenarnya belum menguasai materi 100% -_-). Jadi, mau refreshing sedikit di blog ini :]

Nah kali ini mau membahas sedikit tentang Al-Ma'tsurat. Sebelumnya, pada tau gak Al-Ma'tsurat itu apa? Hmm, jujur, saya sendiri baru pernah denger dan tau Al-Ma'tsurat itu apa pas SMA (parah ya -_-). Jadi, Al-Ma'tsurat itu adalah kumpulan do'a yang dibaca setiap pagi dan sore sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Di sini saya cuma mau mengutip sedikit panjatan do'a yang terdapat di Al-Ma'tsurat, yaitu Do'a Rabithah.

Apaan lagi tuh Do'a Rabithah?? Berdasarkan pencarian di mbah gugel, Do'a Rabithah itu artinya do'a penyatu hati (aseeek kan artinya :D wkwk). Ini nih bacaan Do'a Rabithah:


Rasanya kurang greget ya kalo kita cuma sekedar baca tanpa tahu arti atau makna bacaan tersebut. Nih artinya biar nyangkut di hati:

Katakanlah, "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke siang dan Engkau masukkan siang ke malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mari dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab"



Ya Allah, sesungguhnya Engkau Mengetahui hati-hati ini berhimpun dalam cinta pada-Mu, telah berjumpa dalam taat pada-Mu, telah bersatu dalam dakwah pada-Mu, telah berpadu dalam membela syariat-Mu. Teguhkanlah, ya Allah, ikatannya. Kekalkanlah cinta kasihnya. Tunjukilah jalan-jalannya. Penuhilah hati-hati tersebut dengan cahaya-Mu yang tidak pernah hilang. Lapangkanlah dada-dada kami dengan kelimpahan iman kepada-Mu dan indahnya bertawakkal kepada-Mu. Hidupkanlah hati ini dengan ma'rifat kepada-Mu. Matikanlah ia dalam syahid di jalan-Mu. Engkaulah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Ya Allah, kabulkanlah. Dan sampaikan shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, para sahabatnya, dan juga sampaikanlah salam.


Gimana kawan, tersentuhkah hatimu? Do'a yang terakhir tersebut dibaca sambil membayangkan orang-orang yang kita cintai, artinya kita mendo'akan orang-orang tersebut, seperti orang tua, kerabat, sahabat, bahkan untuk seluruh umat Islam. Kawan, kita memang tidak harus menghafal arti dari do'a tersebut, namun sesekali bacalah artinya untuk sekedar tau makna dari do'a yang kita panjatkan. Toh walaupun hanya baca sekali, setidaknya kita mengerti dengan do'a yang kita panjatkan. Mengerti dengan do'a yang dipanjatkan, maka kita juga akan semakin khusyuk dalam memohon kepada Allah SWT.

Mungkin ini aja sedikit tulisan yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar