Jumat, 12 Juli 2013

Sholat Tarawih 1 Juz?

Assalamu'alaikum wr. wb.
Gak kerasa nih udah mau puasa hari ke-4 aja :D Semoga Allah SWT mengizinkan kita semua menyelesaikan puasa di bulan Ramadhan ini dan mempertemukan kita dengan Hari Kemenangan, Idul Fitri 1434 H, aamiin :)

Bulan Ramadhan memang punya ciri khas, salah satunya adalah sholat Tarawih berjama'ah yang biasa dilaksanakan di masjid-masjid. Sholat Tarawih ini (plus Witir) biasanya dilaksanakan sebanyak 11 raka'at atau 23 raka'at. Nah, ada yang unik nih dengan Sholat Tarawih yang hari ini saya laksanakan di masjid komplek. Sholat Tarawih yang dilaksanakan setelah sholat Isya pada umumnya diselingi dengan ceramah. 
Tapi tidak hari ini di masjid komplek saya. Hari ini gak ada ceramah, jadi setelah sholat Isya berjama'ah, langsung sholat Tarawih. Wiiii, berarti lebih cepet selesai dan lebih cepet pulang dong? Ah nggak juga, kata siapa. Hari ini gak ada ceramah karena Sholat Tarawih+Witir-nya mau membaca surat 1 Juz. WADUH, 1 JUZ??? Pegel-pegel dah tuh kaki -,- wkwk

Suara komentar dari setiap jama'ah mulai terdengar di masjid. Biasa, komentar "hah 1 juz!? pasti capek banget nih," dll. Terus saya jadi mikir, wah iya. 1 juz itu gak dikit loh. Saya aja tadarus 1 juz gak bisa selesai dalam waktu 1 jam -_-, wah bakal lama dong nih sholat Tarawih kali ini? Bawaannya jadi males, itu yang biasanya kebanyakan orang pikirkan. Termasuk saya, dulu juga berpikiran seperti itu. Tapi, coba saya pikirin lagi... gimana caranya saya bisa 'menikmati' sholat Tarawih 1 juz itu?

Nih temen-temen, kalau menurut saya sih, jangan mikir yang gak enak - gak enak melulu dari sholat Tarawih 1 juz. Jangan pikir capek, males, pegel, gerah, ngantuk, dll dulu. Kalau mikir gitu duluan nanti malah beneran capek dan pegel lho -_- wkwk. Coba pikir gini, kapan lagi kita yang belum hafal 1 juz pun dari Al-Qur'an, bisa sholat tarawih dengan membaca 1 juz ayat Al-Qur'an? Kan kalau sholat Tarawih berjama'ah yang imamnya baca 1 juz ayat Al-Qur'an, berarti artinya kita juga baca 1 juz ayat Al-Qur'an itu juga kan? Padahal sebenarnya kita gak hafal. Lihat? Tanpa hafal 1 juz Al-Qur'an kita bisa sholat bagaikan membaca 1 juz ayat Al-Qur'an, kapan lagi kita dapet kesempatan kayak gini?

Mungkin pemikiran itu agak susah ya diterapin -_- kalau gitu coba pikir kayak gini: kita sholat Tarawih berjama'ah dengan imam yang membaca 1 juz Al-Qur'an, otomatis kita bakal dengerin bacaan imam tersebut. Pernah denger kan kalau kita mendengar orang membaca Al-Qur'an kita dapet pahala seperti orang yang membaca Al-Qur'an tersebut?

"Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah (baik-baik) dan perhatikanlah dengan tenang, agar kamu mendapat rahmat." (Q.S. Al-A'raf ayat 204)

Nah, apalagi ini 1 juz al-Qur'an, jangan disia-siain sobat, bayangin jika kita hari itu belum sempat membaca ayat suci Al-Qur'an, kita bisa dapet pahala dari membaca Al-Qur'an dari ngikutin sholat Tarawih berjama'ah apalagi yang 1 juz itu :')

Terus juga nih, biasanya kan anak-anak remaja kalau sholat Tarawih yang panjang-panjang gini (apalagi 1 juz), sengaja jadi 'makmum masbuk'. Maksudnya? Yaa gini, mentang-mentang tau surat yang dibaca itu panjang, jadi sengaja mulai ikut sholat berjama'ahnya pas akhir-akhir surat selesai. Padahal mereka udah siap, mukena udah dipake, tinggal berdiri dan takbir, sengaja dilama-lamain ikut sholat berjama'ahnya, beralasan kakinya pegel setelah berdiri lama. Oke saya ngaku, dulu waktu SD saya juga pernah kayak gitu. Tapi ada satu pikiran yang akhirnya menyudahi kebiasaan buruk saya itu.

Buat apa sengaja telat ikut jama'ah? Biar kakinya gak pegel gak terlalu lama berdiri? Toh setelah selesai pun pegelnya gak ilang kan? Untuk apa nyia-nyiain sholat jama'ah setengah-setengah kalau tetep dapet capek dan pegel? Logikanya, jika dengan capek dan pegel 'segini' kita bisa dapet pahala 2 raka'at full tarawih, kenapa kita milih dapet pahala 'makmum masbuk' 2 raka'at gak full dengan capek dan pegel yang sama 'segini' juga? Masalah pahala memang ada di tangan Allah, tapi saya cuma mau bantu dengan pemikiran simpel biar mudah ditangkep.

Hmm, mungkin sekian dulu posting dari saya. Mohon maaf jika banyak kata yang salah. Bukan bermaksud menggurui, cuma pengen berbagi pemikiran aja kok :) hehe. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfa'at, dan semoga kita bisa menjadi hamba-Nya yang selalu bertaqwa dan istiqomah, aamiin.

Wassalamu'alaikum wr. wb. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar