Rabu, 04 April 2012

Nomura, Si Ubur-Ubur Raksasa

Assalamu'alaikum...
Teman-teman ada yang tau tentang ubur-ubur Nomura? Ubur-ubur Nomura adalah salah satu jenis ubur-ubur yang termasuk dalam filum Cnidaria (dalam bahasa yunani, cnido = penyengat) atau Coelenterata (dalam bahasa yunani, coelenteron = rongga). Nama latin dari ubur-ubur Nomura adalah Cyanea capillata, atau juga dikenal dengan Echizen kurage di Jepang. Cyanea capillata spesies terbesar dari jenis ubur-ubur lainnya. Ukuran ubur-ubur Nomura ini sangat besar, yaitu sekitar 2 meter (hampir setinggi manusia dewasa!) dengan berat 220 kg.

Nomura suka tinggal di perairan yang dingin, tetapi ubur-ubur Nomura juga banyak ditemukan di perairan antara China-Jepang. Pada tahun 2011, ubur-ubur Nomura ini melanda wilayah laut Jepang. Sekumpulan ubur-ubur raksasa tersebut juga menenggelamkan kapal di perairan Jepang...



Saking banyaknya ubur-ubur Nomura di wilayah Jepang itu, akhirnya pemerintah Jepang mengusulkan untuk menjadikan si ubur-ubur raksasa sebagai bahan makanan, untuk mengurangi populasinya yang sudah meledak di laut Jepang. Kabarnya, ubur-ubur Nomura ini tidak menetap tinggal di satu wilayah, melainkan berpindah tempat. Jadi, mungkin saja suatu saat ubur-ubur raksasa ini berkunjung sampai ke wilayah perairan Indonesia.


Life cycle ubur-ubur :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar