Rabu, 14 Mei 2014

Cewek Muslimah?

Assalamu'alaikum :)
Gak kerasa nih udah pertengahan Mei aja, udah mulai memasuki hari-hari penentu masa depan (?) wkwk. Iya maksudnya bentar lagi pengumuman UN, terus nyusul pengumuman SNMPTN, abis itu bakal menghadapi SBMPTN, belum lagi ujian mandiri (tapi semoga dapet di SNMPTN aja, aamiin hehe). Bentar lagi juga wisuda, bentar lagi pisah sama temen-temen The A Team & temen seangkatan lainnya, bentar lagi kandangnya The A Team mau digusur!! Aaaaa sedih banget padahal itu penuh kenangan :"( *jadi curcol*

Yaudah daripada curcol, mendingan baca sepotong artikel yang saya rangkum dari buku berjudul "Cewek Buka-Bukaan" karya.... lupa karya siape -__- soalnya itu buku punya perpus sekolah dan karena waktu itu lagi stress banget belajar biologi gak hafal2 (ceritanya pas musim2nya belajar buat UN) akhirnya di perpus malah nyari buku bacaan lain yang gak bertema UN (?) maksudnya bukan nyari buku biologi, tapi malah nyari buku bacaan yang bisa bikin otak refreshing sejenak hehe. Tuh kan jadi curcol lagi. Yaudah walaupun rangkuman ini sedikit semoga bisa memberi manfaat, selamat membaca~ :)

Cewek muslimah itu, cewek yang seperti apa sih? Mungkin selama ini kita (atau mungkin hanya saya -_-) sering nge-judge orang hanya dari penampilan. Misalnya, wah itu ada perempuan pake khimar yang panjang banget, berarti itu cewek muslimah. Wah itu ada perempuan pake kerudung tapi gak sampe menutupi dada, berarti bukan cewek muslimah. Wah itu ada perempuan gak pake kerudung, berarti bukan cewek muslimah. Gak gitu ya -__-. Sepengetahuan saya, kalo gak salah, muslimah itu artinya seorang perempuan yang memeluk agama Islam, iya gak sih? (gatau juga sih ya takut sotoy -_- wkwk)


Jadi kalo menurut definisi yang sepengetahuan saya itu, mungkin banyak banget cewek muslimah yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Tapi pertanyaannya, gimana caranya kita bisa menjadi cewek muslimah yang taat dengan ketentuan Allah? Nah, menurut buku yang saya baca itu, seorang muslimah yang taat pertama bisa dilihat dari penampilannya. Loh kok jadi penampilan lagi?? -_- Yaa, ini kan baru point yang pertama, artinya jangan hanya liat dari penampilan. Jadiii, seorang muslimah yang taat pasti berpenampilan syar'i. Penampilan yang syar'i itu yang kayak gimana? InsyaAllah kalau saya gak salah bisa dilihat di Al-Qur'an surat An-Nur ayat 31, coba di cek ya hehe.

Terus yang kedua, selain berpenampilan syar'i, seorang muslimah yang taat harus memiliki 3 kecakapan, yaitu:
1. Kecakapan spiritual
Artinya dia harus memiliki bekal ilmu Islam. Di sini gak disebutkan memiliki ilmu Islam yang tinggi. Ya artinya ketika kita merasa ilmu kita masih sedikit (tentunya) kita harus memiliki semangat untuk menambah ilmu pengetahuan Islam kita. Terus muslimah yang taat juga biasanya mewarnai hari dengan sujud malam, tilawah, berdzikir, serta amal ibadah lain di hadapan Allah.

2. Kecakapan intelektual
Nah ini nih, agak nge-jleb buat diri saya sendiri --" Kalo kata buku itu, muslimah yang taat itu harus mampu memaksimalkan kemampuan berpikirnya untuk menguasai berbagai pengetahuan, keterampilan dan wawasan umum. Artinya bukan cuma ilmu agama seperti di point 1 tadi. Terus juga pemikiran dan lisannya berbobot dan pola pikirnya tinggi *aih ini berasa ditendang sama kalimat ini*, dan juga rajin membaca wawasan umum & keislaman.

3. Kecakapan emosional
Kecakapan yang terakhir, yaitu kecakapan emosional. Muslimah yang taat harus memiliki kemampuan mengelola emosi, bersosialisasi, bergaul dan berempati terhadap lingkungan sekitarnya. Kemudian dia juga mudah masuk ke lingkungan masyarakat manapun untuk mengampanyekan nilai-nilai muslimah. Gampangnya sih mudah diterima oleh siapa saja ya. Ini nih yang dari dulu pengeeen banget saya jadi orang yang kayak gitu. Tapi belum kesampean hehe.

Nah tadi kan baru penjabaran dari poin kedua, sekarang yang ketiga, the real 3B for muslimah. Sering denger 3B? Itu loh yang sering jadi penilaian di Miss World atau Miss2 lainnya wkwk. Beauty. Behaviour. Brain. Nah kalo ini ada 3B khusus untuk para muslimah ;D
1. Beauty
Kecantikan, yang tidak berarti kesempurnaan fisik. Seorang muslimah gak butuh kesempurnaan fisik, yang ia butuhkan adalah kecantikan hati, akhlaq, dan yang paling penting kecantikan di hadapan Allah. Gimana caranya biar bisa jadi cantik di hadapan Allah? Ya tentunya dengan mematuhi segala ketentuan Allah ya ukhti :)

2. Behaviour
Mmmm, ini artinya tingkah laku ya kalo gak salah? Iya jadi dia memiliki tingkah laku atau kepribadian yang disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Dan jangan lupa, behaviour ini harus diselaraskan dengan ketentuan Allah, maksudnya bertingkah laku islami, antara lain menjaga lidah & mulutnya, tidak bermewah-mewah, menjaga kehormatan, dan menutup aurat.

3. Brain
Poin terakhir dari yang terakhir~ hehe. Muslimah yang taat itu harus cerdas, yang artinya dia bisa memanfaatkan akalnya untuk mencari kebenaran & mengkaji hukum Allah agar tidak tersesat. Terus dia juga mampu memahami berbagai solusi problematika kaumnya, juga senantiasa mengasah brain-nya dengan menuntut ilmu

Naaaah selesai rangkumannya~ hehe. Semoga kita bisa menjadi muslimah yang taat ya ukhti :) Untuk penutup, ada quotes yang juga diambil dari buku tersebut nih:



*maaf ya gambarnya sepi, lagi gak semangat ngeditnya hehe*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar