Jumat, 11 Maret 2011

Ujian Praktek dan UTS SMP IT Insan Harapan

Pada hari Jum’at, 11 Maret 2011, murid murid SMP IT Insan Harapan melaksanakan Ujian Praktek (untuk kelas 9) dan Ulangan Tengah Semester 2 atau UTS (untuk kelas 7 dan 8). Hari ini mata pelajaran yang di ujikan untuk UTS kelas 7 dan 8 adalah Bahasa Arab dan TIK. Ulangan Tengah Semester ini telah berlasung selama 5 hari. UTS mulai dilaksanakan pada hari Senin, 7 Maret 2011 yang lalu.
Ulangan Tengah Semester di SMP IT Insan Harapan ini berbeda dengan UTS yang biasa dilakukan di sekolah lainnya. Setiap melaksanakan UTS atau UAS, 1 ruangan berisi 25 orang dengan siswa siswi dari kelas yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk mencegah perbuatan curang seperti menyonttek. Selain itu, UTS kali ini berbeda dibanding UTS yang sebelumnya. Kali ini siswa siswi SMP IT Insan menjawab soal soal UTS dengan menggunakan Lembar Jawab Komputer atau LJK. Hal ini bertujuan agar para siswa siswi terbiasa menggunakan LJK ketika UN nanti. Karena para siswa dan siswi menggunakan LJK, maka mereka harus masuk ke ruangan 15 atau 10 menit sebelum UTS dimulai, karena mereka harus mengisi identitas diri serta nomor peserta UTS. Karena UTS menggunakan LJK ini baru dilaksanakan pada UTS kali ini, maka tidak heran para siswa dan siswi masih ada kesalahan dalam pengisian LJK. Mereka harus menggunakan pensil 2B, kemudian harus membulatkan dengan benar karena jika tidak, lembar jawab mereka bisa tidak terbaca pada scanner. Selain masalah pembulatan, masalah lainnya yaitu para siswa lupa mengisi nomor peserta ataupun paket soal. Hal ini juga berakibat fatal pada nilai UTS yang akan mereka terima.

Sementara kelas 7 dan 8 melaksanakan UTS, para siswa siswi kelas 9 melaksanakan Ujian Praktek. Ujian Praktek hari ini yaitu Seni Budaya dan TIK. Sama seperti UTS, Ujian Praktek ini juga sudah berlangsung sejak tanggal 7 Maret 2011, bahkan sebelumnya juga sudah ada beberapa Ujian Praktek yang dilaksanakan pada saat jam pelajaran. Mata pelajaran yang di uji praktekkan antara lain ada Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Olahraga dan Agama. Ujian Praktek agama ini terbagi menjadi 3, yaitu Fiqih, Hafalan Al-Qur’an dan Hadits. Selain Ujian Praktek, para siswa siswi kelas 9 juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi UN yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2011. Selain itu mereka juga harus mempersiapkan untuk mengikuti tes masuk SMA yang mereka inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar