Selasa, 05 Februari 2013

Wortel, Telur, Kopi, yang Manakah Kita?

Assalamu'alaikum wr. wb.
Teman-teman, pada posting kali ini saya mau nge share cerita tentang wortel, telur, dan kopi. Cerita ini saya dapat dari Kak Nita waktu mentoring hari Sabtu tanggal 2 Februari 2013 / 21 Rabiul Awwal 1434 H di Masjid Al-Kautsar :D Cerita wortel-telur-kopi ini menurut saya sangat memotivasi untuk tetap kuat dalam menghadapi segala masalah hidup, yuk dibaca.. :)
Di sebuah dapur, ada beberapa wortel, telur, bubuk kopi, dan 3 panci berisi air yang sedang didihkan. Apa yang akan terjadi pada ketiga bahan makanan tersebut jika dimasukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih? Pertama, wortel yang tadinya keras berubah menjadi lunak. Yang kedua, isi telur yang tadinya berbentuk cairan, berubah jadi keras (jadi telur rebus kan?). Dan yang ketiga, bubuk kopi. Bubuk kopi setelah dimasukkan ke dalam air yang mendidih akan berubah menjadi kopi.

Apa maksud dari perubahan ketiga bahan makanan tersebut?
Coba kita analogikan, air yang mendidih itu masalah yang sering muncul dalam kehidupan kita. Terus wortel, telur, sama kopi itu adalah kita. Lebih tepatnya, kita milih, mau jadi wortel, telur, atau kopi? Berikut ini penjelasannya..

1. Wortel yang keras menjadi lunak setelah masuk ke dalam air mendidih. Ini maksudnya adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang keras, namun setelah mendapat suatu masalah malah langsung jadi loyo. Bukannya berusaha untuk menyelesaikan masalah yang datang, tapi dia malah langsung jadi lemah, sedih, lesu, dan gak bersemangat untuk keluar dari masalah. Orang yang kayak gitu tuh yang seperti wortel.


2. Telur yang tadinya berisi cairan, berubah jadi telur rebus setelah dimasukin ke air mendidih. Maksudnya orang yang hatinya lembut, ketika dihadapkan dengan masalah hatinya malah menjadi keras. Dia menyelesaikan masalah dia bukan dengan ketenangan, tapi cenderung keras.


3. Bubuk kopi. Bubuk kopi dimasukin ke air mendidih akan membentuk kopi. Bubuk kopi mengubah air menjadi kopi, bukan bubuk kopi yang diubah oleh air. Nah kalo yang bubuk kopi ini maksudnya ketika dia menghadapi masalah, bukan mengeluh, lemah, dan patah semangat yang dia lakukan, tapi dia berusaha menyelesaikan masalah itu. Bubuk kopi mengubah air, orang itu mengubah masalah menjadi bukan masalah.


Dari ketiganya, pokoknya ya intinya kita itu jangan terbawa masalah. Jangan seperti wortel dan telur, yang diubah oleh air. Jangan mau kita diubah oleh masalah, baik menjadi lemah, maupun jadi keras. Jangan biarkan masalah mengubah kita, tapi kitanya yang berusaha mengubah masalah itu (maksudnya diselesaiin ya masalahnya :D). Bubuk kopi, setelah berubah menjadi kopi akan menghasilkan aroma yang nikmat. Jadi, ayo kita selesaikan masalah, karena setelah masalah itu terselesaikan kita bakal ketemu kebahagiaan yang sudah menunggu kita :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar