Jumat, 08 Maret 2013

Pemimpin Itu...

Mau share pendapat tentang... pemimpin! :)
Pemimpin itu adalah pengatur, yang memberi tugas kepada orang-orang yang ia pimpin, biar orang-orang yang dipimpinnya itu tau apa tugas yang harus dikerjakannya. Biar tugas-tugas itu bisa diselesaikan oleh orang-orang yang emang udah ditempatkan untuk mengerjakan tugas-tugas itu.

Pemimpin itu ada bukanlah untuk mengerjakan semua tugas yang ada dengan tangannya sendiri, tapi untuk membagi-bagi tugas itu sesuai dengan orang-orang yang dia pimpin.

Pemimpin itu yang bisa memutuskan dan menentukan. Ketika ada perbedaan pendapat di antara orang-orang yang dia pimpin, dia harus mengambil keputusan untuk memilih pendapat yang terbaik, yang ditinjau dari kelebihan dan manfaatnya untuk semua pihak.

Pemimpin itu ada bukan untuk hanya mendengarkan perbedaan pendapat dari orang-orang yang dipimpinnya, tapi untuk menentukan sebuah keputusan yang terbaik untuk orang-orang yang dipimpinnya.

Pemimpin itu harus adil, lebih mementingkan kepentingan sesamanya daripada kepentingan pribadinya. Lebih memprioritaskan keinginan orang-orangnya dibanding keinginan dirinya sendiri. Ketika ada sebagian yang ingin ini, dan sebagian lagi ingin itu, sedangkan pemimpinnya ingin inu, dia gak bisa memutuskan untuk inu. Dia harus bermusyawarah, sampai tercapai kesimpulan antara memilih ini atau itu.

Pemimpin itu ada untuk menyatukan perbedaan, bukan malah memilih dan memutuskan keinginannya sendiri di tengah perbedaan.

Jadi pemimpin emang susah, dia harus punya kepercayaan dengan orang-orang yang dipimpinnya, karena orang-orang yang dipimpinnyalah yang akan menjalankan tugas yang diperintahkan olehnya. Kalau mereka salah menjalankan tugas? Pemimpinnya yang disalahin. Kalau mereka sukses menjalankan tugas? Pemimpinnya juga yang dianggap sukses. Jadi inget kata Mario Teguh, pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang berkata kepada bawahannya, "jika tugasmu gagal, maka katakanlah aku yang gagal memerintahkanmu, dan jika tugasmu sukses, katakanlah bahwa itu adalah hasil kerja kerasmu"

Tapiiii, jangan gara-gara itu jadinya seorang pemimpin gak mau ngasih kepercayaan sama orang-orang yang dipimpinnya, terus apa-apa jadi kerja sendiri, karena kalo kerjaan itu dikasih ke orang yang dipimpinnya takutnya salah, akhirnya gak sesuai keinginannya, terus itu dia anggap sebagai kegagalan. -___-" gak gitu juga yaa, masa bawahannya cuma terima jadi aja? wkwk

Oh iya dan satu lagi, alangkah baiknya jika seorang pemimpin itu tidak menganggap orang-orang yang dipimpinnya sebagai bawahannya. Tapi coba anggap orang-orang yang dipimpinnya itu adalah teman, partner dalam menyelesaikan tugasnya. Jadi gak usah menggurui, gak usah menguasai, melainkan bekerjasama untuk mencapai suatu keberhasilan. Dan juga gak usah merasa paling berkuasa di suatu lingkungan, gak usah merasa yang paling hebat di sana, toh di atas langit masih ada langit. Inget, diatas kekuasaanmu masih ada kekuasaan-kekuasaan lainnya.

Kita itu satu, bukan berdiri sendiri, jangan memisahkan diri seenaknya. Jadi tolong ya kemauan untuk bekerjasamanya, dan untuk lebih saling mempercayai satu sama lain, biar bisa tercapai kesuksesan yang sebenarnya. Bersatu untuk sukses, yeay! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar