Jumat, 18 Oktober 2013

Memetik Ilmu Islam dari Teman Sekelas part 1

Assalamu'alaikum wr wb :D
Hmm.. udah lama nih gak nge-post sesuatu yang berbobot. Kebetulan tadi pagi ada pelajaran agama di XII IPA 1, agendanya ngebahas/ngejawab pertanyaan2 dari presentasi 2 pekan yang lalu. Yap, 2 pekan yang lalu di hari Jum'at, IPA 1 dapet tugas dari Bu Sulastri (guru agama) untuk mempresentasikan materi agama, yaitu tentang adil, ridho, dan amal shaleh. Nah di sini saya bukan mau nge-post presentasinya, tapi mau nge-post beberapa jawaban dari pertanyaan di sesi tanya jawabnya, soalnya menurut saya, saya mendapat banyak ilmu yang baru dari teman-teman saya. Yuk disimak... :)
ADIL

Bagaimana persepsi adil itu?
Adil artinya meletakkan sesuatu pada tempatnya, bukan membagi sama rata. (inget yah kata Bu Sulastri kalo ditanya arti adil pas ulangan, jawabnya ini hehe)
[Bu Sulastri]

Dalam ppt kelompok 1 yang menyampaikan materi tentang adil, disebutkan bahwa Islam menyuruh umat muslim untuk berlaku adil dalam berbicara. Adil dalam berbicara itu seperti apa?
Jadi, maksud dari adil dalam berbicara yaitu tidak membedakan ketika berbicara dengan siapapun. Misalnya, kita berbicara sopan kakak kelas atau guru, nah, tidak hanya kepada orang yang lebih tua dari kita, tetapi kepada orang yang lebih muda dari kita pun (misalnya adik kelas) kita harus berbicara dengan sopan. Jangan mentang-mentang adik kelas lebih muda daripada kita, kita jadi asal berbicara ketika berhadapan dengan mereka. Intinya, contoh adil dalam berbicara itu salah satunya ketika berbicara dengan siapapun, kita harus sopan atau tidak membedakan berdasarkan status.
[Agha]

Apa contoh adil terhadap Allah SWT dan adil terhadap Rasulullah SAW?
Adil terhadap Allah SWT yaitu lebih mengutamakan perintah Allah daripada kepentingan pribadi yang bersifat duniawi. Contohnya, ketika sedang bermain voli, kemudian terdengar adzan Ashar berkumandang. Alangkah baiknya jika kita menghentikan sejenak bermain volinya & melaksanakan sholat Ashar terlebih dahulu. Coba bayangkan, kita sholat mungkin maksimalnya hanya 5 menit. Dalam sehari kita melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Artinya dalam sehari kita membutuhkan waktu 25 menit untuk sholat, sedangkan Allah SWT telah memberikan kita waktu 24 jam dalam sehari. Masa kita gak mau menunda bermain voli untuk meluangkan waktu hanya 25 menit untuk sholat dari 24 jam yang sudah Allah berikan? :') (ini jleb banget jawaban dari Fadhil)
Kemudian adil terhadap Rasulullah SAW yaitu dengan melaksanakan sunah Rasul.
[Fadhil]

Jika ketua kelas tidak boleh non-muslim, apakah itu adil?
Dalam Al-Qur'an, memang sudah terdapat larangan umat muslim untuk memilih pemimpin dari golongan kafir.
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim" (Q.S. Al-Maidah ayat 51)
Al-Qur'an merupakan firman Allah, maka jika Allah sudah melarang suatu hal, kita tidak boleh melaksanakannya. Intinya, kita (orang muslim) harus memilih orang muslim juga sebagai pemimpin.
[Tanti & Bu Sulastri]

Jika kita memaksakan pelajaran yang kita tidak bisa, apakah itu tidak adil terhadap diri sendiri?
Ya, itu termasuk tidak adil terhadap diri sendiri. Jika kita tidak bisa dalam suatu pelajaran, kita harus berusaha dulu dengan tekun dan serius, namun jangan sampai memaksakan diri sampai tidak tidur, tidak makan, apalagi sampai lupa melaksanakan ibadah.
[Fadhil & Bu Sulastri]

Pembagian harta warisan itu lebih baik mengikuti ketentuan negara atau ketentuan Islam?
Tentu saja ketentuan Islam, kerena ketentuan Islam yang terdapat dalam surat An-Nisa ayat 7, 8, dan 11 merupakan ketentuan langsung dari Allah SWT.
[Frista & Bu Sulastri]

Sekian dulu ilmu bermanfaat yang bersumber dari teman-teman kelompok 1 presentasi agama kelas XII IPA 1 dan Bu Sulastri, semoga ilmu di atas dapat bermanfaat dan menjawab pertanyaan teman-teman :)

*yang di bold itu jleb banget buat saya sendiri :"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar