Selasa, 11 Februari 2020

Jika Ini Belum Waktu Tepatmu...

"Selama ini suka bertanya-tanya, 'kenapa aku gak bisa lulus tepat 4 tahun?' Tapi, tau gak De? Mungkin Allah gak mau aku jadi orang yang meninggalkan amanah. Kalau hari ini aku sudah lulus, mungkin aku akan meninggalkan amanah (organisasi)ku di sini. Allah pengen aku menyelesaikan amanah yang di sini dulu dengan baik, abis itu baru deh selesaiin amanah sebagai mahasiswa."
-seorang partner seperjuangan
Bismillah...
Aku pernah tersentuh gara-gara obrolan dengan salah satu temanku, yang keadaannya sama denganku saat itu. Ya, kami 'gagal' mengejar jadwal sidang di bulan terakhir untuk bisa dikatakan lulus tepat 4 tahun. Bukan, kami bukan teman sekelas, bukan juga teman sejurusan. Tapi, kami sedang 'beramanah' di organisasi yang sama saat itu. Dia adalah salah satu teman yang, berdasarkan pengamatanku, punya kelebihan untuk bisa melihat sisi positif dari segala hal yang terjadi. Alhasil, berbincang dengannya selalu membawa rasa syukur dan kebahagiaan. Ya, kata-katanya selalu membuat mata terbuka agar senantiasa bersyukur terhadap segala keadaan.

Kamu percaya, setiap orang punya waktu tepatnya masing-masing? Jika banyak temanmu yang lulus kuliah tepat 4 tahun, ya itulah waktu tepat untuk mereka. Jika ada yang lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun, ya memang itulah saat tepat baginya. Jika ada yang butuh waktu 'lama' untuk lulus, seperti 4,5 tahun, 5 tahun, ya memang itulah waktu terbaik mereka.

Kadang kita merasa minder jika waktu lulus kita lebih lama dari yang seharusnya, merasa tidak lebih baik dari teman kita yang lulus tepat waktu, atau bahkan kurang dari waktu yang biasanya. Padahal, baik yang duluan ataupun belakangan, sama-sama bisa mengambil pelajaran kehidupan. Waktu kelulusan hanyalah sebagian kecil dari lembar kehidupan. Dibanding 'berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk lulus', akan lebih berharga 'apa saja yang sudah didapatkan sampai lulus' bukan? Meski tentu aja, waktu lulus yang singkat + membawa bekal pelajaran yang banyak adalah hal yang diinginkan mayoritas orang, hehe.

Untuk teman-temanmu yang sudah duluan menjemput waktu tepatnya... Mungkin Allah ingin mereka segera pulang ke kampung halamannya. Entah untuk segera membantu orang tuanya untuk mencari nafkah, atau untuk berkarya memajukan kampung halaman dengan menerapkan ilmu yang sudah didapatkan. Mungkin bekal mereka telah cukup, untuk membawa perubahan dan menyebarkan kebaikan di daerah asal mereka.

Untukmu yang masih mengejar waktu tepatmu... Mungkin Allah ingin kamu belajar sedikit lebih banyak lagi di sini, sebentar lagi. Entah tentang pelajaran bersabar, tawakal, atau bertanggung jawab terhadap amanah lain yang masih kamu emban. Mungkin masih ada peran yang harus kamu selesaikan di sini sehingga kamu belum berkesempatan untuk pulang. Mungkin Allah ingin memberimu bekal lebih banyak di sini, sebelum akhirnya siap kembali menetap di kampung halaman.

Jadi, tidak apa-apa jika waktumu bukan sekarang. Tugasmu adalah terus berusaha menjemput waktu terbaikmu, sambil memanfaatkan kesempatan untuk lebih banyak belajar, hingga akhirnya kamu siap untuk pulang.

Semangat!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar